SOFTWARE

Setelah sebelumnya sudah dijelaskan mengenai hardware dan beberapa komponen hardware yang menunjang kinerja dari suatu komputer, Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas salah satu bagian penting lainya dari sebuah komputer yaitu software.

Baiklah dimulai dengan definisi dari software, software merupakan suatu program komputer yang memberikan instruksi-instruksi yang harus diberikan pada unit-unit pengolah agar komputer dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki oleh seorang user. Jadi dapat dikatakan bahwa software dalah sebuah program pada kompoter.

Software sudah mulai berkembang sejak pertama kali diciptakan yaitu pada tahun 1940-an, tujuan utama dari perkembangan perangkat lunak adalah untuk mengembangkan praktik dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang user. Perangkat lunak atau software ditinjau dari penggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi lima macam, yaitu:

  • Operation System (Sistem Operasi)
  • Utility Programs (Program Utilitas)
  • Aplication Programs (Program Aplikasi)
  • Package Programs (Program Paket)
  • Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Dan berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang mungkin sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. VoIP ( Voice over Internet Protocol )

VoIP sering disebut juga dengan istilah internet telephony, IP telephony, atau Digital Phone. Proses pengiriman suara seorang user dengan menggunakan teknologi VoIP adalah dengan cara mengirimkan suara menggunakan internet protocol (IP), sehingga dengan menggunakan IP tersebut memungkinkan seorang user melakukan percakapan dengan jarak jauh karena teknologi VoIP ini berbasis pada jaringan internet.

Karena teknologi ini menggunakan jaringan dengan berbasis pada internet maka kualitas suara yang akan dihasilkan dipengaruhi oleh beberapa parameter-parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilangnya paket dan terjadinya delay atau waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah tersedianya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket, semakin besar lebar pita yang digunakan maka akan semakin bagus pula kualitas komunikasi yang terhubung. Tingkat hilangnya paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket. Delay atau waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi VoIP diantaranya adalah VoIP rakyat, Asterisk dan salah satu aplikasi yang populer adalah Skype. Skype adalah aplikasi untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna dengan menggunakan IP (Internet Protocol), maka masing-masing pengguna skype ini memiliki IP address yang berbeda-beda antara pengguna satu dengan yang lainnya.

logo

Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/_HIiiPeDAf_Y/SgBUhu5r4mI/AAAAAAAAAAw/G6-W6q97xIo/s320/logo.gif

Keuntungan dari teknologi VoIp ini adalah memiliki biaya yang murah untuk melakukan sambungan langsung jarak jauh, memanfaatkan infrasturuktur jaringan data yang sudah ada untuk suara, penggunaan bandwidth yang lebih kecil dibandingkan dengan telepon biasa, dapat digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada, berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar dan variasi penggunaan peralatan yang ada.

Walaupun banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari teknologi VoIP, namun teknologi ini memiliki beberapa kelemahan yang dimilikinya yaitu kualitas suara yang tidak sejernih telepon biasa, memiliki jeda waktu dalam melakukan komunikasi, memiliki peralatan yang cukup mahal dan sesama pengguna harus saling terhubung terlebih dahulu dengan jaringan internet untuk melakukan komunikasi.

2. Video VoIP

Video VoIP mungkin dapat dikatakan juga sebagai video telephony dan mungkin video VoIP ini adalah kembangan dari teknologi sebelumnya yang hanya dapat berkomunikasi secara suara saja, dimana teknologi video VoIP ini mampu menangkap video atau gambar sekaligus suara seorang pengguna dalam sebuah komunikasi, fungsi dari video VoIP ini adalah sebagai alat untuk berkomunikasi antara pengguna satu dengan yang lainnya secara bersamaan secara real-time. Dari namanya yang menggunakan VoIP maka teknologi ini juga menggunakan jaringan berbasis pada internet dimana masing-masing pengguna teknologi ini pasti memiliki IP yang berbeda-beda.

Video VoIP sangat membantu bagi para penyandang disabilitas seperti tunawicara atau tunarungu karena teknologi dapat menampilkan gambar dari seorang pengguna sehingga mereka dapat menggunakan bahasa isyarat agar saling mengerti tanpa dibatasi oleh suara saja.

Salah satu aplikasi yang mengusung teknologi ini adalah skype, penyedia jasa komunikasi video dengan berbasis intenet dan IP address. Para pengguna skype dapat melakukan komunikasi tanpa dipisahkan oleh jarak dan waktu, pengguna skype juga dapat melihat lawan bicaranya dengan menggunakan webcam jadi komunikasi menjadi lebih seru dan asik.

skype_logo_online

Sumber gambar: http://boygeniusreport.files.wordpress.com/2010/12/skype_logo_online.jpg?w=942

3. Video Streaming

Streaming merupakan pengertian dari teknologi untuk memainkan sebuah file audio atau video secara langsung maupun prerecord dari sebuah mesin server (web server), file audio atau video yang terletak dalam sebuah web dapat secara langsung dijalankan pada komputer client sesaat setelah ada permintaan dari seorang user, sehingga proses unduh data tersebut yang membutuhkan waktu cukup lama dapat dihindari.

Saat video dalam web tersebut dimainkan atau dijalankan maka akan terjadi proses buffering, buffering sendiri merupakan sebuah proses dimana bagian utama menampung data yang akan dikirimkan dari atau ke perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder serta dapat mengurangi frekuensi pengaksesan dari atau ke pernagkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem.

Konsep dasar dari teknologi video streaming yaitu membagi-bagi data video menjadi beberapa paket, kemudian paket-paket tersebut dikirimkan dan pada pihak penerima dapat men-decode dan memainkan potongan paket data video tersebut tanpa harus menunggu seluruh file terkirim. Secara lebih sederhana konsep video streaming di bagi ke dalam tiga tahap, antara lain:

  • Mempartisi atau membagi data video yang telah terkompresi ke dalam paket-paket data.
  • Pengiriman paket-paket data video
  • Pihak penerima mulai men-decode dan menjalankan video walaupun paket data belum terkirim sepenuhnya.

Salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi video streaming adalah YouTube, YouTube adalah sebuah situs web yang memberikan fasilitas untuk memainkan video secara gratis. Seorang pengguna dapat mengupload kreasi video mereka ke dalam youtube tetapi pastinya dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh pemiliki web tersebut. Youtube adalah salah satu situs yang paling populer dikunjungi oleh para pengguna internet.

Youtube_logo-tn1

Sumber gambar: http://social-media-made-easy.us/wp-content/uploads/2013/02/Youtube_logo-tn1.png

4. Encoder

Encoder adalah merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengubah media source ke format yang sesuai untuk streaming. Encoder inilah yang melakukan tugas mengkonversikan data digital menjadi sebuah bit stream yang dapat dilewatkan ke dalam sebuah jaringan. Di dalam sebuah encoder terdapat modulasi frekuensi yang akan dialirkan ke dalam sebuah jaringan, fungsi dari sebuah modulasi frekuensi ini adalah untuk menggabungkan beberapa sinyal yang telah di kompres melaui encoder dengan sinyal-sinyal lain yang akan bertindak sebagai sinyal pembawa menuju ke pengguna. Teknologi modulasi yang digunakan pada sistem multimedia berbasis internet adalah modulasi data digital ke dalam sinyal-sinyal analog, salah satunya adalah video streaming yang membagi data video nya ke dalam beberapa paket setelah itu baru dikirimkan.

5. MPEG-2 DAN MPEG-4

MPEG merupakan singkatan dari Motion Picture Expert Group, MPEG adalah bagian dari ISO (International Organization for Standarization) dan IEC (International Commission) yang menciptakan dan mempublikasikan standar pada berbagai macam teknologi. MPEG adalah sebuah standar format audio dan video yang digunakan secara online pada siaran televisi dan pada media DVD. Ada berbagai macam jenis MPEG diantaranya adalah MPEG-1, MPEG-2, MPEG-3, MPEG-4, MPEG-7 dan MPEG-21 dalam artikel ini penulis akan menjelaskan mengenai MPEG-2 dan MPEG-4.

  • MPEG-2

MPEG-2 merupakan sebuah standar video codec generik dari ITU-T dan ISO/IEC (SG15ITU-T), dalam MPEG-2 terdapat tiga part atau elemen yang dimilikinya yaitu systems standard (ISO/IEC 13818-1), video standard (ISO/IEC13818-2 (ITU-T H.262)), dan audio standard (ISO/IEC13818-3). Pada MPEG-2 untuk melakukan kompresi video dan audio dilakukan dengan menggunakan dua part yaitu video dan audio standard.

Untuk aplikasi praktis dengan bit stream video dan audio yang telah dikompres harus digabungkan dalam satu single bit stream sehingga dapat disimpan dalam DSM atau di kirimkan melalui kanal komunikasi. MPEG-2 mendefinisikan stream ke dalam dua buah bagian yaitu stream program dan stream transport.

  • MPEG-4

MPEG-4 pertam kali diperkenalkan pada akhir tahun 1998, MPEG-4 adalah sebuah nama dari group koding standar audio dan video. Teknologi ini memiliki kegunaan yang paling utama adalah internet (media streaming), CD, videophone dan televisi broadcast.

MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan penyedia standar ini menambahkan fungsi yang terbaru dibandingkan generasi MPEG sebelumnya yaitu VRML untuk pemutaran 3D. Format MPEG-4 sangat tepat digunakan untuk memutarkan format video berkapasitas lebih besar misalnya avi atau vob, karena konsep dasar MPEG-4 ini adalah mengkompres file ketika menyimpan video kemudian ketika video MPEG-4 diputar codec akan mnegeluarkan kembali file-file yang disimpan untuk diputar.

REFERENCES

1.    http://www.scribd.com/doc/65765575/Pengertian-Software-Dan-Hardware-Beserta-Contohnya (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 12:22 WIB)

2.    http://www.scribd.com/doc/36935989/Modul-8-VoIP#download (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:48 WIB)

3.    http://www.disparbud.jabarprov.go.id/assets/downloads/materi-voip-fundamental.pdf  (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:51 WIB)

4.    http://137-muhamadsarip.blogspot.com/2012/03/pengertian-video-telephony-dan-voip.html (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 23:21 WIB)

5.    http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?view=article&catid=6%3Ainternet  &id=691%3Asteam&tmpl=component&print=1&page=&option=com_content&Itemid=14 (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 08:19 WIB)

6.    http://degokers.wordpress.com/ (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 08:52 WIB)

7.    http://telecom.ee.itb.ac.id/~hend/ET5014/MPEG2.ppt (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 09:23 WIB)

8.    http://gicara.com/uncategorized/apa-yang-dimaksud-dengan-mpeg.html (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 09:54 WIB)

9.    http://id.wikipedia.org/wiki/MPEG-4 (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 10:00 WIB)

10.  http://tentang-pengertian.blogspot.com/2009/02/komputer-tentang-pengertian-mpeg-4.html (diakses tanggal 24 April 2013 pukul 10:11 WIB)

One thought on “SOFTWARE

  1. Pingback: MPEG-2 dan MPEG-4 | Agungborn91's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s