HARDWARE

Komputer adalah suatu kelompok atau serangkaian mesin elektrik yang terdiri dari ratusan bahkan jutaan komponen elektronika yang bekerja pada saat yang bersamaan, sehingga membentuk sebuah sistem kinerja yang baik dan terstruktur. Komputer merupakan alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia karena komputer dapat mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan secara cepat, tepat dan benar.

Komputer memiliki dua bagian yang paling utama yang dimilikinya yaitu hardware dan software, melalui artikel ini dan artikel selanjutnya penulis akan membahas mengenai hadrware dan software yang ada didalam komputer.

Hardware adalah perangkat keras yang sifatnya adalah nyata atau bisa dilihat atupun dapat dirasakan keberadaannya, berikut ini adalah beberapa perangkat hardware yang sering digunakan dalam suatu komputer:

1. Scanner

            Scanner adalah suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,foto,gelombang, dll. Hasil dari scanner akan otomatis masuk kedlam komputer dalm bentuk data digital. Menurut kegunaannya, scanner dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Scanner Picture
  • Scanner Barcode
  • Scanner X-ray
  • Scanner Check
  • Scanner Metal
  • Scanner Optical Mark Reader

Dan jika dikelompokkan menurut cara memasukkan kertas ke dalam scanner, maka scanner dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Flatbed

Pada jenis ini, kertas diletakkan diatas kaca scanner kemudian lampu dan sensor akan bergerak memindai kertas tersebut untuk memperoleh datanya.

  • Automatic Document Feeder (ADF)

Scanner jenis ini meletakkan kertas pada suatu wadah kemudian satu perstu kertas akan dimasukkan secara otomatis oleh bagian mekanik scanner. Pada saat kertas berada diatas kaca maka lampu dan sensor akan memindai kertas tersebut untuk mengambil datanya. Keuntungan dari ADF ini adalh memiliki kecepatan memindai yang cepat (10.000 lembar/jam) dan dapat membaca dua sisi dari kertas yang dipindai.

scanner

Sumber gambar: http://brain.pan.e-merchant.com/3/3/07540833/l_07540833.jpg

2. CD-ROM DRIVER

Driver memiliki arti sebagai suatu penggerak atau salah satu bagian mekanikal dari suatu piranti, maka CD-ROM Driver adalah penggerak suatu piringan CD-ROM atau suatu driver untuk merekam atau memainkan compact disc. Fungsi dari CD-ROM Driver adalah untuk membaca data yang ada dalam sebuah cd-rom baik itu berupa gambar, suara atau pun video. Kekurangan dari CD-ROM Driver adalah hanya dapat membaca data dalam sebuah CD-R / CD-RW saja, sedangkan DVD-ROM Driver dapat membaca data yang disimpan dalam ­DVD-R /  DVD-RW dan CD-R / CD-RW.

20100923181820530

Sumber gambar: http://www.centraltechco.com/upload/20100923/20100923181820530.jpg

3. VIDEO BOARD

Video board atau sering disebut juga dengan video card adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk mengeluarkan gambar pada layar komputer, banyak sekali fundi yang ditawarkan oleh video card ini beberapa diantaranya adalah grafis 2D, TV output, MPEG-2 / MPEG-4 decoding atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor. Banyak orang mengira nahwa video card itu sama dengan VGA (Video Graphic Accelerator), padahal VGA itu adalah salah satu komponen yang terdapat dalam video card.

            Perangkat keras ini sering diintegrasikan ke dalam sebuah motherboard, namun beberapa jenis motherboard sudah menyediakan port ekspansi untuk tambahan video card ini yang sering disebut sebagai pengontrol video atau graphic controller. Berikut ini adalah bebrapa komponen yang terdapat dalam sebuah video card.

  • GPU (Graphic Processing Unit)

GPU merupakan prosesor dari sebuah sound card yang memiliki fungsi sebagai pengolahan gambar yang akan ditampilkan pada monitor.

  • Video Memory

Fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum atau sesudah pemrosesan data pada GPU.

  • RAMDAC (Random Access Memory Digital – Analog Converter)

Komponen pengubah data gambar digital menjadi sinyal analog, agar bisa digunakan pada monitor.

  • Bus Interface

Menghubungkan antara motherboard dengan kartu grafis, yang biasa digunakan adalah jenis bus interface AGP dan PCI-Express.

  • Display Interface

Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Biasanya terdapat 3 port display yaitu DIVI, TV-Out, dan VGA.

  • Heatsink dan Fan

Heatsink digunakan untuk menyerap panas yang dikleuarkan oleh kartu grafis  dan sedangkan fan digunakan untuk mendinginkan kartu grafis tersebut.

grafis

Sumber gambar:

http://img2.belajar-komputer-mu.com/wp-content/uploads/2012/01/Pengertian-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter.jpg

4. SOUND CARD

            Sound Card (kartu suara) atau sering disebut dengan audio card merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awal kemunculannya sound card hanya sebagai pelengkap dari komputer, namun sekarang ini sound card menjadi piranti yang wajib ada di sebuah komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Sound Card Onboard, adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer
  • Sound Card Offboard, adalah  soundcard yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Namun rata-rata sudang menggunakan yang PCI
  • Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

sound card

Sumber gambar:

http://www.advancetec.co.uk/asus-xonar-essence-stx-pci-e-audiophile-sound-card-optical-dolby-pro-logic-ii-90-yaa0c0-0uan0bz.html

Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya sound card menggunakan teknologi FM Synthesis, tetapi sekarang sound card sudah menerapkan teknologi Wavetable Synthesis. Dan untuk memutarkan digital audio, sound card dulunya hanya menggunakan dua kanal (surround) namun sekarang sudah menggunakan empat atau lebih kanal suara (surround). Kualitasnya pun sudah meningkat dari 8 byte, 16 byte, dan sekarang sudah 24 byte bahkan 32 byte.

REFERENCES

1.    Arifianto, Deni, dan Ari Funatik, Antigaptek Hardware Komputer Pengenalan & Permasalahan + Solusi, Jakarta: KawanPustaka, 2009.

2.    http://www.scribd.com/doc/36308385/Definisi-Hardware (diakses tanggal 10 April 2013 pukul 09:03 WIB)

3.    http://www.scribd.com/doc/69227813/dasar-komputer (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 13:33 WIB)

4.    http://www.scribd.com/doc/68044418/Pengertian-Dan-Fungsi-CD-Rom (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 21:46 WIB)

5.    http://fipit-22.blogspot.com/2009/04/cd-rom-drive.html (diakses tanggal 19 April 2013 pukul 22:16 WIB)

6.    http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-kartu-grafis-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 09:04 WIB)

7.    http://degokers.wordpress.com/2013/04/20/hardware/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:25 WIB)

8.    http://id.wikipedia.org/wiki/VGA (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:27 WIB)

9.    http://www.bahaskomputer.com/2009/01/sound-card.html (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:31 WIB)

10.  http://ganeshara09.wordpress.com/2012/11/01/pengertian-fungsi-dan-bagian-vga-video-graphics-accelerator/ (diakses tanggal 23 April 2013 pukul 10:36 WIB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s