PENGERTIAN MULTIMEDIA

Pertama mendengar kata multimedia yang pertama kali muncul dipikiran kita adalah beberapa perangkat elektronik seperti komputer yang dapat menampilkan beberapa data berupa gambar diam maupun gambar yang bergerak sekalipun. Multimedia pada era sekarang sudah mulai berkembang dalam proses penggunaannya, multimedia dapat digunakan dalam beberapa hal misalnya internet, film, konferensi, katalog dan lain sebagainya.

Definisi atau pengertian multimedia menurut bahasa atau secara etimologi bahwa multimedia berasal dari kata multi dan medium, multi (bahasa latin, nouns) berarti banyak dan medium (American Heritage Electronic Dictionary (1991)) adalah alat untuk mendistribusikan atau mendistribusikan suatu informasi.diagram multimedia

Menurut para ahli salah satunya adalah Vaughan (2004) dan berdasarkan pada gambar diatas, multimedia dapat didefinisikan sebagai suatu kombinasi antara teks, grafik, animasi, video dan  audio yang disampaikan dengan sebuah komputer atau mungkin dimanipulasi secara digital, yang kemudian dapat disampaikan atau dikontrol secara interaktif. Menurut Vaughan multimedia dibagi menjadi tiga buah bagian yaitu sebagai berikut:

1.  Multimedia Interaktif

Pengguna atau user dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan

2.  Multimedia Hiperaktif

Multimedia jenis ini termasuk multimedia yang memiliki struktur dari elemen-elemen tekait dimana user dapat mengarahkannya. Dengan kata lain multimedia ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.

3.  Multimedia Linear

User hanya menikmati atau menonton setiap sajian multimedia dari awal hingga akhir, user tidak bertindak sebagai server atau pengendali dari multimedia tersebut seperti kedua jenis multimedia yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sedangkan menurut para ahli seperti Hofstetter pada tahun 2001 beliau mengatakan bahawa multimedia merupakan penggunaan komputer yang bertujuan untuk menggabungkan unsur teks, grafik / citra, audio (suara), animasi dan video dengan links dan tools dimana menurut Hofstetter user atau pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, menciptakan objek dan berkomunikasi melalui multimedia tersebut.

Dan menurut ahli dalam negeri yaitu Suyanto (2003), multimedia sangat penting karena multimedia dapat dipakai sebagai alat untuk persaingan antarperusahaan, di masa yang akan datang menurut Suyanto, multimedia merupakan suatu keterampilan dasar yang sama pentingnya seperti membaca yang harus dimiliki oleh manusia.

Dalam proses pembuatan multimedia tidak lah mudah karena dalam pembuatannya multimedia diperlukan suatu kreasi yang tinggi, alat-alat berteknologi tinggi, kemampuan dalam berorganisasi dan berbisnis, pembuatan multimedia juga harus memerluakan keahlian dalam berkarya seni.

 

REFERENCES

1.    Binanto, Iwan, Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2010.

2.    URL: http://amidestian.blogspot.com/2012/07/pengertian-multimedia-menurut-bahasa.html

3.    URL: http://www.scribd.com/doc/55381127/Pengertian-Multimedia

4.    URL: http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pengertian-multimedia/

5.    URL: http://www.docstoc.com/?doc_id=112743666&download=1

6.    URL: http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2011-1-00252-IF%20BAB%202.pdf

7.    URL: http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html

8.    URL: http://sistem-multimedia.blogspot.com/2009/01/definisi-multimedia.html

9.    URL: http://nasa76.tripod.com/pengenalan_multi.htm

10.  URL: http://lokerkomputer.blogspot.com/2013/02/definisi-multimedia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s