PEMANFAATAN MULTIMEDIA

Pemanfaatan multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang, multimedia dapat masuk sebagai alat bantu yang menyenangkan. Hal tersebut terjadi karena multimedia memiliki banyak sekali elemen-elemen pendukung dalam suatu pekerjaan dan karena multimedia memiliki kemudahaan dalam pemakaian.

Dan di bawah ini merupakan beberapa bidang yang memanfaatkan sistem multimedia.

1. Bisnis

Aplikasi multimedia yang digunakan dalam bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo sebuah produk, katalog, komunikasi di jaringan dan pelatihan. Multimedia menjadi suatu kemudahan dan kelancaran dalam transaksi bisnis.

softskill 2

Sumber gambar: http://img.antaranews.com/new/2012/05/ori/20120523Indeks-Harga-Saham-220512-ip-2.jpg

2. Sekolah

Sistem multimedia sangat dibutuhkan untuk sekolah-sekolah di Indonesia kareana multimedia menjadikan proses belajar mengajar tidak membosankan, lebih menarik dan lengkap. Multimedia juga dapat menjadi alat pengajaran elektronik yang dapat membantu para pengajar (guru atau dosen).

softskill 3

Sumber gambar: http://tik.sman7-bjm.sch.id/uploads/image/multimedia-dalam-pendidikan.jpg

3. Rumah

Mengapa multimedia diperlukan dalam lingkungan rumah? Karena multimedia dapat menjadi suatu media hiburan untuk keluarga setelah lelah mengerjakan aktifitas-aktifitas. Multimedia yang sering dijumpai dalam rumah adalah game, anak-anak sangat menyukai game-game yang mengandalkan multimedia yang sangat modern dan menarik.

softskill 4

Sumber gambar:

http://2.bp.blogspot.com/_yySOC3KYK9c/TTi6Wr6Q7sI/AAAAAAAAAAU/QKCVdCeUukI/s1600/makin_jarang_wanita_yang_ingin_punya_anak_di_as_100627090150.jpg

4. Tempat Umum

Banyak sekali multimedia yang dijumpai pada tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, terminal bus, stasiun kereta, halte busway dan lain sebagainya. Kiosk adalah salah satu multimedia yang banyak terdapat di dalam tempat-tempat umum, kiosk adalah sisem multimedia yang berfungsi sebagai pemberi informasi tentang tempat yang sedang dikunjungi.

softskill 5

Sumber gambar: http://ww1.prweb.com/prfiles/2012/10/24/10044073/Dual-Screen-iPad-Kiosk-with-Printer.jpg

5. Virtual Reality (VR)

Salah satu bidang pemanfaatan jenis ini memerlukan peralata-peralatan khusus, misalnya kacamata tiga dimensi (3D) dan antarmuka pengguna yang tidak lazim, multimedia ini juga akan membawa pengguna kedalam pengalaman yang nyata seperti yang ditampilkan.

softskill 6

Sumber gambar:

http://klimg.com/vemale.com/headline/650×325/2012/10/bahaya-memakai-kacamata-3d-bagi-kesehatan.jpg

REFERENCES

1.    Binanto, Iwan, Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2010.

2.    URL: http://www.scribd.com/document_downloads/direct/54490461?extension=pptx&ft=1363749506&lt=1363753116&user_id=77146165& uahk=ofRmbbgdsKATvRh197Qgb2ouKew

3.    URL: http://lokerkomputer.blogspot.com/2013/02/peran-dan-pemanfaatan-multimedia.html

4.    URL: http://multimediamine.blogspot.com/2013/02/pemanfaatan-multimedia-berbasis.html

5.    URL: http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html

6.    URL: http://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/

7.    URL: http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/pemanfaatan-multimedia-pembelajaran-di.html

8.    URL: http://aderahman03.blogspot.com/2013/03/pemanfaatan-multimedia.html

9.    URL: http://www.mediafire.com/?hgq55498mqj9d7o

10.  URL: http://ajank-sifajar.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s