MULTIMEDIA UNTUK APLIKASI UMUM

Seiring dengan mengikuti perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi informasi, multimedia sudah mulai dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Dalam pembuatan suatu aplikasi multimedia harus membutuhkan suatu bahasa pemrograman seperti Assembly, Bahasa C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java, kemudia bahasa pemrograman tersebut akan diproses melalui sistem operasi seperti DOS  (Disc  Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.

Berikut ini beberapa aplikasi multimedia yang dimanfaatkan dalam berbagai bidang diantaranya adalah:

  • Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan multimedia dimanfaatkan sebagai salah satu cara menyampaikan materi pelajaran dengan lebih menarik, multimedia merubah proses belajar mengajar jadi lebih menyenangkan, multimedia dapat memudahkan pelajar untuk mencari referensi dari suatu pelajaran dan yang terpenting multimedia sebagai jembatan yang menghubungkan dunia yang penuh ilmu pengetahuan dengan para pengajar dan pelajar.

  • Bidang Kesehatan

Multimedia dapat mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat komputer, x-ray / CT Sacan alat yang membantu memeriksa organ dalam tubuh manusia merupakan salah satu jenis multimedia. Dengan teknologi yang semakin modern dapat memonitor bahkan menggantikan fungsi organ dalam manusia hal ini merupakan penggabungkan antara teknologi kesehatan dengan teknologi informasi dan komputer.

  • Bidang Transportasi

Penggunaan multimedia pada bidang transportasi diterapkan pada pengaturan jadwal keberangkatan transportasasi-transportasi sepeti pesawat, bis, kereta api,dan kapal laut. Dengan adanya multimedia ini penumpang dapat lebih mudah memantau informasi tentang semua transportasi yang ingin digunakan. Multimedia juga dapat memantau perjalanan transportasi menggunakan komputer dari jarak jauh.

  • Bidang Otomotif Industri

Dengan menggunakan sistem multimedia dan komputer kerangka serta body kendaraan-kendaraan dapat di desain dengan lebih cepat, menarik, dan tentunya akurat. Dan dengan menggunakan sistem yang lebih modern ini pabrik-pabrik kendaraan dapat memproduksi kendaraannya jauh lebih besar.

  • Bidang Jasa Pengiriman Barang

Kantor POS Indonesia memahami bahwa keberadaan sistem multimedia yang baik dapat mempercepat pekerjaan karyawannya, dengan multimedia juga para pengguna jasa pos ini tidak harus melalui beberapa proses yang memang memerlukan waktu cukup lama.

  • Bidang Jasa Kontruksi

Arsitek dan Seorang tata ruang kota (teknik sipil) dapat merancang gambar-gambar sketsanya dalam komputer dengan perhitungan dan pemodelan yang cepat dan akurat, salah satu software multimedia yang digunakan untuk pemodelan adalah CAD dan untuk perhitungan menggunakan software SAP2000 atau STAD III.

  • Bidang Jasa Percetakan

Semua media percetakan seperti koran, majalah, buku-buku dan lain sebagainya dikerjakan dengan mesin yang terintegrasi dengan komputer, sehingga penyedia media percetakan dapat mencetak sampai ratusan bahkan ribuan exemplar dalam sehari.

  • Bidang Industri Perfilman

Efek-efek yang terjadi dalam film adalah merupakan hasil rekayasa yang menggunakan multimedia dan komputer yang cukup canggih, sehingga film menjadi lebih menarik dan menjadikan sebuah film seperti terihat nyata. Salah satu film fenomenal dengan efek multimedia yang kuat adalah TITANIC, yang menampilkan sebuah kapal uap termewah pada masanya yang menabrak gunung es dan akhirnya tenggelam dengan tragis.

  • Bidang Bisnis

Multimedia dapat dimanfaatkan dan diterapkan sebgai suatu alat promosi perusahaan, dengan adanya multimedia perusahaan dapat mempromosikan produk mereka dengan baik dan menarik.Sebuah iklan yang berisi multimedia yang menarik maka akan berdampak kepada tertariknya para konsumen untuk membeli produk tersebut.

  • Multimedia Untuk Penderita Disabilitas

Ability Media adalah suatu cara yang menerapkan multimedia yang memungkinkan penderita disabilitas memliki kualifikasi dalam bidang multimedia tersebut. Sehingga para penyandang disabilitas itu bisa mengejar karir mereka dan dapat memberikan akses untuk membentuk komunikasi yang kuat.

  • Bidang Kepariwisataan

Multimedia dapat meningkatkan kunjungan  pariwisata sebuah daerah dengan melaui sebuah blog atau website resmi milik pemerintah daerah yang menceritakan keunggulan wisata yang dimiliki pada daerah tersebut, sehingga para wisatawan dapat melihat informasi mengenai wisata-wisata yang ingin mereka kunjungi.

Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan oleh multimedia, aplikasi multimedia juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang yang tidak terbatas. Karena multimedia dapat mempermudah serta mempercepat pekerjaan manusia dan tentunya dengan hasil yang baik.

 

REFERENCES

  1. URL: http://ferdianrikudo.wordpress.com/
  2. URL: http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
  3. URL: https://mail.google.com/mail/?shva=1#inbox
  4. URL: http://lokerkomputer.blogspot.com/2013/02/peran-dan-pemanfaatan-multimedia.html
  5. URL: http://research.amikom.ac.id/index.php/JD/article/view/472
  6. URL: http://www.vdshared.com/teknologi/54-teori/88-penggunaan-multimedia.html
  7. URL: http://www.scribd.com/doc/54019899/Sesi-2-Aplikasi-Multimedia-Pada-Berbagai-Bidang
  8. URL: http://www.tp.ac.id/tag/manfaat-multi-media-di-bidang-industri
  9. URL: http://forumkajiansenikarawang.wordpress.com/2011/05/06/pemanfaatan-teknologi-dalam-pengembangan-wisata-seni-dan-budaya-karawang/
  10. URL: http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/03/10/sistem-informasi-internet-dan-aplikasi-web/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s