INTERNET BASED

Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai Internet Based atau aplikasi-aplikasi yang berbasis internet, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa pengertian dan sejarah tentang internet itu sendiri. Baik lah dimulai dari pengertian internet. Ada sebuah tiga pendapat yang mengatakan bahwa internet adalah sebuah singkatan dari kata International Network, Internetworking dan Interconnected Network. Tetapi banyak para ahli cendereung menyebutnya Interconnected Network, karena internet memiliki fungsi yang menghubungkan jaringan dari beberapa jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia.

Secara rinci pengertian internet adalah suatu rangkaian hubungan jaringan komputer yang dapat di akses secara umum diseluruh dunia, yang mengirimkan data dalam bentuk paket data berdasarkan standar Internet Protocol (IP). Internet dapat juga di artikan sebagai kumpulan jaringan dari sebuah jaringan-jaringan komputer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil.

Internet pada awalnya bermula dari lahirnya ARPAnet (Advanced Research Project Agency Network) pada tahun 1969, kemudian ARPAnet tersebut dikembangkan oleh IPTO (Information Processing Techniques Office) dan dengan di dukung penuh oleh pemerintah Amerika Serikat melalui US DARPA (The United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tujuan awal lahirnya ARPAnet adalah untuk mencari solusi untuk membangun komunikasi data dari node (komputer) yang satu dengan node-node komputer yang lainnya dengan jarak yang berjauhan. Mesin atau alat yang digunakan untuk komunikasi pada saat itu disebut dengan IMPs (Interface Message Processors).

image_1c1e245fb9465416f50b924707dd4cf7

Sumber Gambar: http://kampus.unikom.ac.id/s/userassets/41809176/blog_images/image_1c1e245fb9465416f50b924707dd4cf7.jpg

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin modern dan canggih, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berbasis pada internet ini, kemunculan aplikasi-aplikasi ini karena pada saat ini setiap orang dapat dengan mudah mengakses internet dari manapun dan kapanpun dan bagi para pengusaha beranggapan bahwa internet merupakan suatu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi paling utama yang terdapat pada layanan internet:

  • Electronic Mail (E-Mail) adalah salah satu aplikasi yang memiliki fasilitas untuk mengirim surat yang lebih cepat, murah dan mudah digunakan, sejak kemunculannya e-mail sedikit demi sedikit telah menggeser pelayanan surat melaui kantor pos.

mail

Sumber Gambar: https://lh5.googleusercontent.com/-6ZQ7qxa9eWE/TXVc1WTeRhI/AAAAAAAAAJE/Fs-q8Bqjy9c/s1600/ygmail.png

  • Mailing List (milis) yaitu sebuah aplikasi media untuk membentuk ruang diskusi di internet yang dapat di ikuti oleh siapapun yang mempunyai minat terhadap suatu topik.

kaskus

Sumber gambar:

http://www.thejobsvacancy.com/wp-content/uploads/2013/01/kaskus.jpg

  • File Transfer Protofok (FTP) adalah sebuah fasilitas untuk mengirim (meng-upload) dan mengambil (men-download) suatu fdata baik itu berbentuk file ataupun folder yang terhubung dengan jaringan interenet.

Upload-Download

Sumber Gambar: http://www.ronsaudioblog.nl/wp-content/uploads/Upload-Download.jpg

  • Chatting adalah salah satu fasilitas mengobrol secara online yang dapat menghubungkan seluruh umat manusia di seluruh dunia. Yahoo-Messenger-10

Sumber Gambar: http://3.bp.blogspot.com/-qKM2s-gGK0o/Txuw6JuoiFI/AAAAAAAAAvk/DL-MXIsTyFk/s1600/Yahoo-Messenger-10.png

  • Social Networking adalah salah satu aplikasi berbasis pada internet yang paling digemari oleh seluruh manusia di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, ide awal munculnya social networking oleh seorang yang bernama Roxanne Hiltz dan Murray Turoff pada tahun 1978. Dalam social networking memiliki tiga buah interaksi yaitu chatting, Pengiriman pesan atau e-mail dan Buletin atau mading bersama. Contoh social networking yang polpuler saat ini adalah facebook dan twitter

Facebook vs Twitter

Sumber Gambar: http://4.bp.blogspot.com/-uWsZHhj1umA/USn5pDQPzLI/AAAAAAAAAQQ/lJegLFWtUJQ/s1600/Facebook+vs+Twitter.jpe

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai beberapa aplikasi-aplikasi paling utama yang bisa penulis jelaskan dalam artikel ini. Menurut penulis jika internet tidak ada sampai saat ini maka saat sulit lah kita untuk mengetahui mengenai tentang dunia luar, internet dapat dianalogikan sebagai sebuah jembatan yang dapat menghubungkan kita dengan dunia luar tanpa harus dipisahkan oleh jarak.

REFERENCES

1.    Yuhefizar, 10 Jam Menguasai Internet: Teknologi Dan Aplikasinya, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo, 2008.

2.    URL: http://www.aingindra.com/2013/01/artikel-mengenai-sejarah-internet.html

3.    URL: http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

4.    URL: http://rieriebelle.blogspot.com/2011/10/aplikasi-berbasis-internet.html

5.    URL: http://firdaus84.files.wordpress.com/2009/03/slide-pti-week-10.ppt

6.    URL: http://smakneprima.blogspot.com/

7.    URL: http://phys.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/02/internet1.pdf

8.    URL: http://blog.student.uny.ac.id/adityabayu/2011/01/14/internet-dan-aplikasinya/

9.    URL: http://devilcomputer.blogspot.com/2010/03/pengertian-internet-dan-beberapa.html

10.  URL: http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/03/10/sistem-informasi-internet-dan-aplikasi-web/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s