PENGGUNAAN FUNCTION PADA BAHASA PEMPROGRAMAN PASCAL UNTUK MENGHITUNG JUMLAH SALURAN TRANSMISI YANG MUNGKIN TERBENTUK PADA SEJUMLAH BTS DALAM SUATU DAERAH

Masih dalam pembahasan pada tulisan sebelumnya yaitu penulis membahas bagaimana menghitung jumlah saluran transmisi yang mungkin diperoleh dalam sejumlah BTS pada suatu daerah, namun perbedaannya terletak pada penulis menggunakan Function dalam bahasa pemprograman pascal untuk mendapatkan jumlah saluran yang ingin diketahui.

Berikut ini adalah listing program yang digunakan dalam perhitungan jumlah saluran transmisi yang mungkin diperoleh.

Penjelasan Program diatas adalah sebagai berikut:

Penjelasan listing program pertama ini adalah pendeklarasian dari bagian subprogram utama dengan memberikan judul function dan juga terdapat penggunaan rumus function didalamnya. Judul function yang digunakan adalah “Saluran Transmisi” dan variabel “output” adalah rumus dari function itu sendiri.

Penjelasan listing program kedua yaitu pendeklarasian pada program utama, di program utama ini memiliki suatu nilai variabel yang kemudian akan dimasukkan ke dalam rumus yang telah diinput dalam program function tersebut.

Penjelasan listing program yang terakhir adalah penjelasan untuk bagian utama pada program function didalam pascal, Clrscr digunakan untuk membersihkan layar dalam pascal setelah program sebelumnya selesai dikerjakan. Kemudian variabel writeln digunakan untuk menampilkan kata atau tulisan yang berada pada tanda petik.

Untuk memudahkan dalam memahami program yang penulis buat maka penulis membuat program tersebut kedalam bentuk flowchart seperti yang telihat pada gambar dibawah ini.

Sumber Artikel :

http://inuboa.wordpress.com/2012/06/26/listing-program-automatic-car-wash-2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s