KEGAGALAN DALAM TELEPON DARI CDMA KE GSM

BTS atau Base Tranceiver Station merupakan salah satu  perangkat penting dalam komunikasi, karena BTS berfungsi untuk menghubungkan antara operator provider terhadap para konsumennya atau dapat menghubungkan antara konsumen ke konsumen lainnya.

BTS merupakan perangkat penting yang juga tak luput oleh permasalahan atau gangguan, gangguan yang dapat dialami oleh sebuah cukup banyak, salah satu gangguan yang di angkat dalam artikel ini adalah kegagalan telepon dari provider CDMA ke pengguna GSM.

Kegagalan telepon dari provider CDMA ke pengguna GSM diakibatkan oleh beberapa macam-macam gangguan. Dan berikut ini adalah penjelasan dari beberapa gangguan yang dapat dialami.

1. Originating Release

2. Terminating Error

3. Terminating Busy

4. ISUP Fault

Jika saat pengguna CDMA mengalami salah satu keempat masalah tersebut pada saat ingin menghubungi pengguna nomer GSM, maka komunikasi akan otamatis gagal atau tidak dapat menghubungi nomer GSM yang dituju. Selain itu keempat masalah tersebut menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya access failure, drop call, handoff failure, dan signaling failure.

Keempat masalah tersebut lah yang menyebabkan mengapa pengguna peovider-provider CDMA tidak dapat menelpon ke pengguna provider GSM, walaupun masih banyak hal-hal lain yang dapat menyebabkan gagal hubungan berkomunikasi antar pengguna provider.

Berikut ini adalah bentuk flowchart dari keempat masalah tersebut:

Sumber Artikel:

http://pogotel.blogspot.com/2008/07/analisa-kegagalan-call-dari-flexi-ke.html

2 thoughts on “KEGAGALAN DALAM TELEPON DARI CDMA KE GSM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s