KARAKTERISTIK WARGA NEGARA YANG BERTANGGUNG JAWAB

Sebagai dan setiap warga negara harus memiliki sikap yang bertanggung jawab terhadap negaranya, warga negara harus berani bertanggung jawab atas apapun kesalahan yang dilakukan apalagi keslahan terhadap negaranya, seperti melecehkan simbol-simbol kenegaraan, niat untuk menghancurkan negara, ataupun kesalahan yang dapat merugikan siapapun yang tinggal didalam suatu negara.

Dipundak warga negara terpikul beban tanggungjawab yang mesti ditunaikan oleh setiap warga negara secara bertanggungjawab. Hal ini merupakan konsekuensi logis sebagai warga negara. Dengan kata lain, dalam setiap warga negara melekat tanggungjawab yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh setiap diri warga negara dengan sebaik baiknya.

Warga negara yang mampu menunaikan tanggungjawabnya dalam kehidupan masyarakat dan negaranya, dengan sendirinya sangat menentukan keberlangsungan kehidupan negara tersebut. Pembangunan politik sebagai aspek dalam pembangunan negara, sangat ditentukan oleh tanggungjawab yang ditunaikan warga negara. Dengan merujuk pada pengertian pembangunan politik sebagaimana telah diuraikan di atas, dapatlah kita pahami bahwa dalam pembangunan politik terkandung aspek-aspek yang penting untuk diperhatikan agar kepentingan berjalannya pembangunan politik itu. Apa sajakah aspek-aspek itu, dan bagaimana hubungan antaraspek itu, sudah barangtentu mesti kita telaah secara cermat untuk memperoleh pemahaman yang utuh tentang dimensi-dimensi dalam pembangunan politik.

 

KESIMPULAN:

Setiap manusia yang hidup dalam sebuah negara harus memiliki rasa bertanggung jawab kepada negara tempat dimana manusia tersebut tinggal, tidak hanya memiliki rasa tanggung jawab tapi setiap warga negara juga mutlah memiliki hak dan kewajiban yang harus dijalani. Tidak hanya itu negara juga harus bertanggung jawab atas rakyat-rakyatnya, seperti bertanggung jawab atas perlindungan warga negaranya, bertanggung jawab untuk memberikan penghidupan yang layak, bertanggung jawab atas kesejah teraan dan keaadilan yang didapat oleh setiap warga negara, dan sebagainya. Baik warga negara dan negaranya marilah kita perbesar lagi sikap yang bertanggung jawab.

 

SUMBER PENULISAN:

http://www.adipedia.com/2011/05/kriteria-dan-tanggung-jawab-warga.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s