SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWIRAAN MENJADI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sudah pernah dijelaskan pada tulisan saya sebelumnya bahwa Pendidikan Kewiraan adalah suatu cikal bakal terciptanya suatu pendidikan yang lebih sempurna yakni Pendidikan Kewarganegaraan, sebelum menjadi Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kewiraan ini mengalami beberapa perubahan dan mengalami revisi yang begitu banyak.

Pada tahun 1979 berdasarkan Lemhanas dan Dijen Dikti, Pendidikan Kewiraan berisi materi tentang Wawasan Nusantara, ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Nasional, Politik dan Strategi Pertahanan dan Keamanan Nasional, sistem Hankamrata.

Dan kemudian pada tahun 1985 dilakukan penyempurnaan yang menyeluruh oleh Lemhanas dan juga Dirjen Dikti terhadap Pendidikan Kewiraan, penyempurnaan tersebut antara lain adalah memiliki pengantar yang berisi tentang suatu gambaran umum tentang bahan ajar PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dan interelasinya dengan bahan ajar mata kuliah lain, sedangkan materi lainnya tetap ada.

Tahun 1995 kurikulum atau mata kuliah Pendidikan Kewiraan diubah menjadi Pendidikan Kewarganegaraan yang didalamnya memiliki bahan ajar yang telah disusun kembali oleh Lemhanas dan Dirjen Dikti dengan materi yang meiliki kesamaan dengan materi yang dimiliki oleh Pendidikan Kewiraan sebelumnya.

Di tahun 2001, Lemhanas dan Dirjen Dikti kembali menyusun materi untuk diberlakukan pada Pendidikan Kewarganegaraan yaitu materi pengantar dengan tambahan materi demokrasi, HAM, lingkungan hidup, bela negara, wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional.

Dan pada akhirnya di tahun 2002 melalui surat keputusan yakni kep. Dirjen Dikti No. 38/Dikti/Kep/2002 membiri isi materi terakhir yaitu pengantar sebagai kaitan dengan MKP, demokrasi, HAM, wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi nasional.

 

Komentar Penulis

Akhirnya setelah beberapa tahun lamanya  melalui proses yang begitu panjang dan melalui berbagai revisi di segala bidang, terciptalah suatu pendidikan moral dan pendidikan tentang jati diri bangsa yang lebih sempurna dan yang begitu baik pula, Pendidikan tersebut kini bernama PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Sumber Penulisan

Abdiar.2010.PENGERTIAN, TUJUAN, SEJARAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.url: http://abdiar.wordpress.com/2010/05/05/pengertian-tujuan-sejarah-pendidikan-kewarganegaraan/.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s