PENGERTIAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas atau menerangkan pengertian dan tujuan diadakannya Pendidikan Kewarganegaraan yang masuk dalam salah satu kurikulum sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Diawali dengan pengertian  Pendidikan Kewarganegaraan, pada dasarnya Pendidikan Kewarganegaraan adalah salah satu upaya untuk lebih mencerdaskan kehidupan bangsa dalam meningkatkan moral dan jati diri sebagai salah satu landasan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara, demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan negara.

Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting  dan mutlak ada di setiap sistem pendidikan di Indonesia, bukti betapa pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan adalah masuknya pendidikan ini kedalam berbagai keputusan pemerintah atau pun Undang-Undang. Di bawah ini adalah beberapa Undang-undang atau keputusan pemerintah yang memuat tentang Pendidikan Kewarganegaraan yakni sebagai berikut:

  1. UU No.20 tahun 2003 yang berbunyi sebagai berikut “Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat terdiri dari Pendidikan Bahasa, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan”.
  2. Kep. Mendikbud No. 056/U/1994 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa menetapkan bahwa “Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan termasuk dalam Mata Kuliah Umum (MKU) dan wajib diberikan dalam kurikulum setiap program studi”.

Pendidikan Kewarganegaran ini diberikan sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi yang dimana diberikannya pendidikan ini untuk mencapai tujuan, yakni sebagai berikut:

Tujuan Umum

Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta PPBN agar menjadi warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara.

Tujuan Khusus

  1. Dapat menjadikan penerus-penerus bangsa lebih memahami hak dan kewajiban yang harus didapatkan dan dijalankan atau dilaksanakan sebagai salah satu Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Dapat menjadikan sesorang mengerti permasalahan-permasalahan yang dapat timbul dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, serta dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan penuh tanggung jawab.
  3. Memiliki sifatd dan perilaku sesuai dengan perjuangan, cinta tanah air dan rela berkorban bagi nusa, bangsa dan negara.

Komentar Penulis

Pendidikan Kewarganegaraan harus tetap ada dan tetap dipertahankan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia karena dengan Pendidikan Kewarganegaraan ini kita dapat lebih memahami dan mengerti tentang moral dan jati diri bangsa. Dengan Pendidikan ini juga dapat menjadikan seseorang lebih mencitai tanah air dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya.

Sumber Penulisan

Arrainsani.2010.Pendidikan Kewarganegaraan.url:http://tharra.wordpress.com/2010/02/24/pengertian-dan-pendidikan-kewarganegaraan/

Dunia Pendidikan.2010. Istilah, Pengertian,Tujuan, Sejarah Pendidikan Kewarganegaraan.url:http://pendidikan.radensomad.com/istilahpengertian-tujuan-sejarah-pendidikan-kewarganegaraan.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s