Kecelakaan dan Penyehatan Lingkungan Pertambangan

Kecelakaan Pertambangan

Kecelakaan bisa terjadi kepada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Kecelakaan tersebut tidak dapat kita hindari namun menurut saya kecelakan dapat diatasi asal manusia itu sendiri lebih teliti, lebih fokus, dan lebih berhati-hati dalam melakukan sebuah pekerjaaan, kenapa harus memiliki kriteria seperti diatas karena  kebanyakan dari kecelakaan yang terjadi biasanya disebabkan oleh kelalaian manusia itu sendiri. Walaupun terkadang tidak sepenuhnya kecelakaan itu disebabkan oleh kelalaian manusia, misalnya saja faktor alam ataupun faktor teknologi yang dipakai.

Pertambangan adalah salah satu usaha yang memiliki tingkat resiko kecelakaan yang sangat tinggi, jadi setiap seseorang yang  ingin berkerja ataupun yang telah bekerja disuatu kawasan pertambangan, orang tersebut harus mutlak memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi tidak hanya itu orang tersebut harus memiliki tingkat ketelitian yang juga harus tinggi karena jika melakukan kesalahan sekecil apapun akan berakibat fatal untuk dirinya ataupun untuk orang lain.

Biasanya  kecelekaan yang sering terjadi adalah ketika seseorang bekerja yang lokasinya jauh didalam perut bumi. Berikut ini adalah contoh sederhana dari kecelakaan yang terjadi di kawasan pertambangan yaitu sebagi berikut:

Terjadinya lumpur lapindo yang terdapat di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Tragedi ini adalah berupa semburan lumpur yang keluar dari perut bumi didalam kawasan PT Lapindo Brantas,inc sejak tanggal 29 mei 2006 sampai sekarang, kejadian ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, serta mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur. Ini membuktikan bahwa terjadi kelalaian yang disebabkan oleh manusia yang bekerja disana, dari kelalaian seorang manusia sajadapat menimbulkan bencana sebesar itu.

Menurut saya dimana pun kita berada dan dimanapun kita bekerja harus lebih berhati-hati karena kecelakaan dapat menimpa siapa saja tanpa pandang bulu,sekecil apapun kesalahan yang kita perbuat maka dampaknya akan berakibat fatal bagi diri sendiri ataupun orang lain.

 

Penyehatan Lingkungan Pertambangan

Penyehatan lingkungan dipertambangan sangat mutlak untuk dilakukan baik dilingkungan tambang sendiri ataupun dilingkungan luar dari tambang seperti lingkungan pemukiman para penduduk ataupun keadaan alam disekitar pertambangan.

Penyehatan Lingkungan di area pertambangan itu sendiri dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:

  1. Dengan melakukan penerangan yang baik dan berguna untuk pencegahan kecelakaan dalam proses pengerjaan tambang itu sendiri.
  2. Membuat ventilasi udara yang baik agar debu-debu yang bertebaran diudara khususnya didalam wilayah tambang sedikit berkurang.
  3. Membuat sanitasi yang baik untuk membunuh atau menghilangkat wabah-wabah penyakit yang dapat timbul.

Itulah sedikit cara untuk menjaga lingkungan didalam tambang lebih sehat, sedangkan lingkungan diluar tambang dapat dilakukan sanitasi yang baik  berupa:

  1. Penyediaan air bersih yang dapat diminum oleh warga sekitar karena biasanya keaadan air diwilayah sekitar pertambangan terkontaminasi oleh limbah yang dibuangoleh tambang tersebut.
  2. Pembuangan kotoran yang lebih memadai,agar masayarakat sekitar tidak membauang kotoran sembarangan.
  3. Pemberantasan jentik-jentik nyamuk, agar warga terlindung oleh penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seperti DBD, Malaria, Kaki Gajah dan lain sebagainya.
  4. Membuat perumahan yang baik,tidak hanya itu tapi memiliki lingkungan yang baik, dan asri juga.

Lebih baik mencegah daripada mengobati itulah kata-kata yang tepat untuk menjadikan lingkungan sekitar pertambangan menjadi lebih sehat. Karena jika tidak dicegah dengan tindakan sekecil apapun maka akan menimbulkan berbagai penyakit-penyakit yang dapat menyusahkan orang banyak.

 

Daftar Pustaka

Santoso, Budi,1999,”Ilmu Lingungan Industri”,Universitas Gunadarma,Jakarta

 

One thought on “Kecelakaan dan Penyehatan Lingkungan Pertambangan

  1. Pingback: PERTAMBANGAN « Wahyuadhinugraha's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s