Kesadaran Lingkungan dan Pencemaran Serta Perusakan Lingkungan Oleh Proses pembangunan

Kesadaran Lingkungan

Tak dipungkiri lagi bahwa dari dulu hingga sekarang mayoritas masyarakat atau penduduk Indonesia memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang sangat kecil dibandingkan dengan penduduk dinegara-negara maju yang memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang sangat tinggi, contohnya adalah Negeri Sakura (Jepang) pemerintah disana melarang keras warganya untuk membuang sampah sembarangan ini terbukti bahwa pemerintah jepang sangat menjaga lingkungan dinegaranya,

Bayangkan saja Indonesia merupakan Negara dengan peringkat keempat dalam perusakan lingkungan didunia, ini menandakan bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sangat minim sekali di kehidupan masyarakat Indonesia. Maka dari itu marilah kita lebih meningkatkan kembali kesadaran lingkungan yang kita miliki agar suatu saat nanti Indonesia menjadi Negara nomer satu didunia dengan kategori memiliki lingkungan yang baik.

Banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan dalam arti memberi arahan pada sistem nilai dan sikap hidup untuk mampu memelihara keseim­bangan antara pemenuhan ke­pentingan pribadi, kepentingan lingkungan sosial, dan kepen­tingan alam. Kedua, memiliki solidaritas sosial dan solidaritas alam yang besar me­ngingat tindakan pribadi berpengaruh kepada lingkungan sosial dan ling­kungan alam.
  2. Kegiatan karya wisata ke alam bebas, hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih mendekatkan diri mereka terhadap alam, dan agar mereka mengetahui bahwa lingkungan harus dijaga dengan baik bukan untuk dirusak atau dihancurkan.
  3. Pemerintah juga harus membuat masyarakat Indonesia memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang tinggi, dengan menjalankan peraturan yang telah dibuat ataupun dengan mengadakan event-event yang dapat membangkitkan kepedulian terhadap lingkungan.

Masih banyak lagi cara untuk membangkitkan kesadaran terhadap lingkungan, namun yang terpenting mulailah dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar apakah kita sudah melakukan hal yang baik untuk menjadikan lingkungan sekitar kita menjadi baik, nyaman, dan aman.

Pencemaran Dan Perusakan Lingkungan Hidup Oleh Proses Pembangunan

Pembangunan disegala sector untuk meningkatkan perekonomian Negara bolehlah dilaksanakan tapi dalam pembangunan tersebut harus dilihat juga dampak yang akan terjadi terhadap lingkungan sekitar, sayangnya pemerintah hanya mementingkan program ekonomi yang harus terus berjalan tanpa melihat keadaan lingkungan sekitar.

Perusakan yang terjadi banyak disebabkan oleh pembangunan industrialis, kita ketahui saat ini banyak sekali industri-industri yang dibangun oleh pemerintah yang akhirnya menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup parah. Salah satu akibat dari pembangunan yang menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan adalah sebagai berikut:

  1. Menurunnya kualitas air didaerah-daerah industry yang disebabkan oleh pencemaran limbah yang dikeluarkan oleh industry-industri tersebut.
  2. Temperatur udara maksimal ataupun minimal kerap berubah-ubah bahkan temperature maksimal mencapai 37 derajat celcius.
  3. Terjadinya banjir karena penyalahgunaan hutan, dan perusakan hutan untuk membangun perusahaan-perusahaan ataupun pembangunan lainnya.
  4. Kondisi hara tanah yang semakin tidak subur dan kemudian lahan pertanian menjadi menyempit.

Itulah beberapa pencemaran dan perusakan lingkungan yang disebabkan oleh banyak berdirinya pembangunan-pembangunan industry. Menurut saya pemerintah boleh sakja melaksanakan pembangunan disegala sector tapi dalam pelaksanaan pembangunan tersebut janganlah melupakan keadaan lingkungan disekitarnya agar tetap terjaga dengan baik.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kabar Indonesia.2009.Peningkatan Kesadaran Lingkungan Hidup.url: http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&jd=Peningkatan+Kesadaran+Lingkungan+Hidup&dn=20090409154317

One thought on “Kesadaran Lingkungan dan Pencemaran Serta Perusakan Lingkungan Oleh Proses pembangunan

  1. Pingback: KESADARAN LINGKUNGAN « Rikihamdanielektro's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s