DAYA DUKUNG LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam adalah suatu kekayaan yang dimiliki oleh suatu wilayah tertentu dimana kekayaan yang dimaksud bisa berarti sumber daya alam berupa benda mati atau pun sumber daya alam yang sifatnya benda hidup. SDA dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan-kebutuhan manusia, namun dalam pemanfaatannya harus dilakukan dengan cara-cara yang baik jangan sampai merusak ekosistem yang berada disekitarnya. Dibawah ini penjelasan tentang daya dukung lingkungan dan pengelolaan sember daya alam.

A. Daya dukung lingkungan

Daya dukung lingkugan adalah ketersediaannya sumber daya alam untuk memenuhi semua kebutuhan dasar manusia, dan tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan sosial tertentu. Singkatnya, daya dukung lingkungan ialah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup. Di dalam bumi yang kita huni ini penyebaran sumber daya alam tidak merata letaknya. Ada yang baik untuk pertanian ada pula yang tidak, ada yang kaya akan sumber daya mineral dan ada juga yang tidak ada. Agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan seluruhnya, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan terhadap sumber daya alamnya itu sendiri. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan beberapa cara antara lain sebagai berikut:

1. Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara.

2. Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).

3. Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta  pendaurulangan (recycling).

4. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

B. Pengelolaan SDA

Prinsip umum dalam ilmu ekonomi adalah bagaimana memenuhi kebutuhan umat manusia yang cenderung tidak terbatas dengan ketersediaan sumberdaya yang terbatas atau langka. Kelangkaan SDA ini merupakan salah satu faktor utama dalam kajian ekonomi yang berwawasan lingkungan dan karena faktor kelangkaan itu pula maka dibutuhkan pengelolaan SDA secara arif dan bijaksana. Tingkat ketersediaan dan kelangkaan sumberdaya memberikan indikasi tentang bagaimana seharusnya mengelola sumber daya yang langka dimaksud agar tidak mengancam kelestariannya dengan tanpa dan atau meminimalkan terjadinya degradasi lingkungan. Macam dan karakterisasi sumberdaya tidak hanya menggambarkan bagaimana pentingnya sumberdaya tersebut tetapi yang lebih penting adalah bagaimana sebaiknya sumberdaya itu dikelola agar memenuhi kebutuhan ummat manusia tidak hanya masa kini, tapi juga masa yang akan datang. Ada 4 (empat) hal yang perlu dicatat dalam mengelola SDA :

• biaya pengambilan/ penggalian semakin tinggi dengan semakin menipisnya persediaan SDA tersebut

• kenaikan dalam biaya pengambilan/ penggalian SDA akan diperkecil dengan diketemukannya deposit baru serta adanya teknologi baru

• sebidang tanah tidak hanya bernilai tinggi karena adanya sumberdaya mineral yang terkandung di dalamnya, tetapi juga karena adanya “opportunity cost ” berupa keindahan alam itu

• juga perlu diingat dan dibedakan antara penggunaan sumberdaya yang bersifat dapat dikembalikan lagi dan penggunaan sumberdaya yang tak dapat dikembalikan ke keadaan semula (irreversible ).

Sumberdaya yang menjadi perhatian utama dalam literatur ekonomi lingkungan adalah sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu alokasi yang dinamik dari waktu ke waktu adalah penting untuk menjamin alokasi sumberdaya yang berkelanjutan, diikuti dengan upaya-upaya lain yang bisa menekan kehabisan sumberdaya. Disamping usaha alokasi yang berkelanjutan tersebut, kelangkaan sumberdaya mempunyai peluang untuk diatasi yaitu paling tidak melalui 4 cara yaitu :

1) eksplorasi dan penemuan

2) kemajuan teknologi

3) penggunaan sumberdaya substitusi dan

4) pemanfaatan kembali (reuse ) dan daur ulang (recycling ).

DAFTAR PUSTAKA

UI, Kambing.2000.Sumber Daya Alam.url:http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0040%20Bio%201-9a.htm.

Solihin, Muhammad Amir dan Rija Sudirja.2007.PENGELOLAAN SUMBERDAYA ALAM SECARA TERPADU UNTUK MEMPERKUAT PEREKONOMIAN LOKAL.url:http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/pengelolaan_sumberdaya_alam_secara_terpadu.pdf

 

2 thoughts on “DAYA DUKUNG LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s