SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dahulu sekitar tahun 1973 / 1974 Pendidikan Kewarganegaraan lebih dikenal dengan sebutan Pendidikan Kewiraan, yang dimana Pendidikan Kewiraan ini menjadi salah satu bagian dari kurikulum Pendidikan Nasional di Indonesia dengan maksud untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan rela berkorban terhadap generasi penerus bangsa.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Menteri Pertahanan dan Keamanan menyebutkan bahwa Pendidikan kewiraan inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya Pendidikan Kewarganegaraan yang saat ini ada dalam bagian kurikulum Pendidikan Nasional.

Kemudian pada tahun 2000 perubahan nama Pendidikan Kewiraan menjadi Pendidikan Kewarganegaraan terwujud. Dan untuk lebih menyempurkan kembali kurikulum pendidikan Kewiraan menjadi Pendidikan Kewrganegaraan maka keluarlah suatu keputusan yakni Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 267 / DIKTI / KEP / 2000,dan dibawah ini adalah beberapa evaluasi yang dilakukan dalam penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Evaluasi atas materi mata kuliah kewiraan selama ini yang lebih menitikberatkan pada tiga hal pokok yaitu , Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik Strategi Nasional dan Sistem Pertahanan dan Keamanan Nasional. Hal ini mereduksi nilai Pendidikan Kewarganegaraan hanya pada aspek “bela negara”, sehingga aspek penanaman nilai-nilai demokrasi dan HAM, nilai-nilai sosial kemasyarakatan, penyadaran tentang ketaatan pada hukum, serta disiplin nasoional yang seharusnya menjadi aspek yang utama, tidak terkaver dalam materi perkuliahan tersebut.
  2. Keterkaitan yang erat dengan militerisme sangat kental mulai dari perumusan materi, desain metodologis, sampai pada pelatihan dosen. Apalagi rezim yang berkuasa pada waktu itu adalah rezim militer, sehingga kepentingan negara yang lebih besar direduksi menjadi kepentingan penguasa. Diharapkan dengan Pendidikan Kewarganegaraan sekarang dapat ditegakkan nilai-nilai demokrasi untuk menuju masyarakat madani.
  3. Evaluasi atas ranah metodologis dalam penyampaian mata kuliah Kewiraan ataupun Kewarganegaraan selama ini lebih banyak memakai model Lecturing satu arah yang mengedepankan indoktrinasi tanpa proses dialog yang kritis.
  4. Aspek kognitif sangat dominan dalam perkuliahan Kewiraan, padahal Pendidikan Kewarganegaraan sesungguhnya merupakan matakuliah kepribadian yang mengedepankan aspek afektif ( pembentukan sikap ) untuk melakukan tranfer nilai di kalangan mahasiswa.
  5. Pada perkuliahan Kewiraan kasus-kasus aktual dan lokal sering kali terabaikan, sehingga sikap kritis kewarganegaraan di kalangan mahasiswa kurang terarah secara maksimal. Padahal Pendidikan Kewarganegaraan yang sesungguhnya merupakan sarana untuk transfer of values akhirnya gagal menumbuhkan sikap kewarganegaraan yang kritis.

Komentar Penulis:

Itulah penjelasan singkat tentang perkembangan dari Pendidikan Kewarganegaraan yang kita pelajari pada saat ini. Menurut penulis Pendidikan ini telah melalui berbagai revisi untuk menjadikan pendidikan ini menjadi lebih sempurna, jadi pihak pemerintah kita memastikan bahwa pendidikan ini sangatlah berguna untuk dipelajari dan dipahami oleh para penerus bangsa. Ayo pelajari Pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa bela negara kita.

Sumber Penulisan

Azmi, Shofiatul. Dra., M.Pd.2008.Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Bukan Mata Kuliah Baru.url: http://fkip.wisnuwardhana.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=25&Itemid=1

Dunia Pendidikan.2010. Istilah, Pengertian,Tujuan, Sejarah Pendidikan Kewarganegaraan.url:http://pendidikan.radensomad.com/istilahpengertian-tujuan-sejarah-pendidikan-kewarganegaraan.html

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s